15 Rumus Excel yang Sering Dipakai Dalam Dunia Kerja
Dalam menggunakan Excel, kalian diwajibkan memahami penggunaan rumus Excel yang sering dipakai saat kerja.
Rumus Excel yang dipakai saat kerja di antaranya rumus SUM, AVERAGE, MIN, dll. Berikut 15 rumus excel lainnya yang sering dipakai dalam dunia kerja.
Rumus Excel yang dipakai saat kerja
Gambar oleh Esa Riutta dari Pixabay |
1. SUM
SUM adalah rumus Excel yang sering dipakai saat kerja. SUM memiliki fungsi
untuk menjumlahkan angka dari sel-sel tertentu yang diinginkan.
Rumus
SUM
=SUM(number1:number2)
Penerapan SUM
=SUM(A2:A3:A4)
2. SUMIFS
Pada dasarnya rumus SUMIFS dan SUMIF memiliki fungsi yang sama, yaitu
menjumlahkan data pada kriteria tertentu. Perbedaannya SUMIFS berfungsi
untuk menjumlahkan data dengan dua atau lebih banyak kriteria.
Rumus SUMIFS
=SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1;criteria_range2;criteria2:...)
Penerapan
SUMIFS
Secara urutan sekop dan Bandung adalah kriteria pertama dan
kedua.
=SUMIFS(F3:F17;B3:B17;"Sekop";D3:D17;"Bandung")
3. SUMIF
Sebenarnya fungsi dari SUMIF kurang lebih sama dengan SUM. Namun, SUMIF
menjumlahkan angka dengan kriteria tertentu.
Rumus SUMIF
=SUMIF(range;criteria;[sum_range])
Penerapan
SUMIF
=SUMIF(B3:B16;"Bandung";D3:D16)
Dalam contoh penerapan di
atas, Bandung merupakan contoh dari kriteria lokasi.
4. AVERAGE
AVERAGE digunakan untuk menghitung jumlah nilai rata-rata dari sel yang
dipilih. Misalnya, dalam rata-rata nilai ujian bisa menggunakan rumus
ini.
Rumus AVERAGE
=AVERAGE(number1:number2)
Penerapan
AVERAGE
=AVERAGE(B5;C5;D5;E5)
5. MIN
Rumus MIN bisa kalian gunakan dalam mencari nilai terendah dari data di
Excel.
Rumus MIN
=MIN(number1;number2;..)
Penerapan MIN
=MIN(F3:F15)
Dari
rumus di atas, menggambarkan bahwa kalian sedang mencari nilai terendah
dari suatu data yang berada di tabel F3 sampai F15.
6. IF
Daftar selanjutnya dari rumus Excel yang dipakai saat kerja adalah rumus
IF. IF berfungsi dalam menganalisa suatu data, biasanya dengan hasil
benar/tidak benar atau lulus/tidak lulus.
Rumus IF
=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Penerapan
IF
=IF(5<6,"Benar","Salah") > "Benar"
=IF(5>6,"Benar","Salah") > "Salah"
7. MAX
MAX merupakan rumus yang memiliki fungsi dalam mencari data tertinggi atau
terbesar.
Rumus MAX
=MAX(number1;number2;..)
Penerapan
IF
=MIN(D4:D17)
8. HLOOKUP
Fungsi dari HLOOKUP adalah mencari atau menampilkan data dari susunan
tabel horizontal.
Rumus HLOOKUP
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Penerapan
HLOOKUP
=HLOOKUP(A8;A2:E6;3;FALSE)
9. VLOOKUP
VLOOKUP kurang lebih memiliki fungsi sama dengan HLOOKUP. Namun,
perbedaannya VLOOKUP bersumber pada tabel vertikal.
Rumus VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Penerapan
VLOOKUP
=VLOOKUP(B10;A4:C6;2;FALSE)
10. COUNT
11. COUNT IF
Fungsi COUNTIF adalah Fungsi Excel yang digunakan untuk mencacah/menghitung jumlah sel berdasarkan pada syarat/kriteria tunggal.
=COUNTIF(Range; Kriteria)
Penerapan Countif
=COUNTIF(B2:B8;"Apel*")